Dampak kedua orang tua bekerja kepada psikologi anak

Oleh karena alasan ingin melakukan yang terbaik untuk masa depan anak-anak tercinta serta mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dimasa yang akan datang perlu dipersiapkan sejak dini terkadang kedua orang orang tua harus bekerja.

Pada kondisi tersebut IBU haruslah berusaha menjadi alternatif solusi penghubung antara memenuhi kebutuhan hidup dan kebutuhan kasih sayang anak. Jika ibu memilih bekerja di luar rumah maka ibu harus pandai-pandai mengatur waktu untuk keluarga karena pada hakekatnya seorang ibu mempunyai tugas utama yaitu mengatur urusan rumah tangga termasuk mengawasi, mengatur dan membimbing anak-anak. Apalagi jika ibu mempunyai anak yang masih kecil atau balita maka seorang ibu harus tahu betul bagaimana mengatur waktu dengan bijaksana.Jangan hanya karena mengejar karir hal-hal yang sangat principle dan ini lebih besar pengaruhnya terhadap perkembangan psikologi anak akan terabaikan.

Seorang anak usia batita masih sangat tergantung dengan ibunya. Karena anak pada usia tersebut mereka belum dapat melakukan tugas pribadinya seperti makan, mandi dan belajar secara mandiri. Apabila anak tersebut dititipkan pada pembantu maka orang tua dan khususnya ibu harus memahami etul bahwa pembantu yang dipilih mampu membimbing dan membantu anak-anak. Kalau pembantu ternyata tidak dapat melakukannya maka anak-anak yang akan menderita kerugian dan ini akan masuk ke dalam memori anak kita.

Pengaruh lingkungan terkadang kurang mendukung sehingga mengakibatkan dampak yang negatif bagi pertumbuhan kepribadian anak.Seperti kasus-kasus kenakalan remaja, narkoba, video porno dan sebagainya bisa karena pembentukan kepribadian di masa kanak-kanak yang tidak terbentuk dengan baik oleh karena pengaruh lingkungan yang negatif.

Untuk itu seorang IBU yang bekerja di luar rumah harus bijaksana mengatur waktu. Membantu suami dengan bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga sangat mulia, namun harus sadar bahwa tugas utama IBU adalah mengatur rumah tangga dan memberikan jaminan pendidikan kepada anak-anak. Ibu walaupun harus berangkat kerja pagi hari dan pulang hingga sore hari harus tetap berusaha meluangkan waktu berkomunikasi, bercanda, memeriksa tugas-tugas sekolah anak-anak walaupun ibu sangat capek. Insyallah pengorbanan seperti itu akan menjadi kebahagiaan hakiki jika melihat anak-anaknya bertumbuh menjadi pribadi yang kuat, mandiri dan stabil.

Tugas mendidik anak tentunya bukan hanya tugas ibu saja tetapi ayah juga harus ikut berperan aktif sehingga keutuhan dan keharmonisan rumah tangga akan tetap terjaga dengan baik.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s